Tujuan Trader Saham Bertansaksi di Pasar Negosiasi
1xBit Indonesia 21 Okt

Tujuan Trader Saham Bertansaksi di Pasar Negosiasi

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Mekanisme Saham" dengan judul artikel "Tujuan Trader Saham Bertansaksi di Pasar Negosiasi".

Keyword :

Artikel Terkait Mekanisme Saham Terbaru & Terlengkap
Ingin sukses dalam perdagangan / trading saham? Jangan lupa membaca ebook profit trading saham yang kami bagikan sebelumnya, di halaman > Ebook Sukses Trading Saham.pdf.

Transaksi saham umumnya dilakukan di pasar reguler. Beli jual saham yg Anda biasanya lakukan, aksi korporasi perusahaan, dividen dan lain-lain pasti akan dilakukan melalui mekanisme transaksi di pasar reguler. Tapi pasar reguler bukanlah satu2nya tempat untuk transaksi saham. Di pasar saham ada yg namanya PASAR NEGOSIASI. Apa itu pasar negosiasi? Untuk menjawab pertanyaan tsb, silahkan baca artikel : Jual Beli Saham di Pasar Negosiasi
Bertansaksi di Pasar Negosiasi
Artikel terkait : Strategi Trader Profesional dalam Meraih Profit

Tujuan Trader Bertansaksi di Pasar Saham Negosiasi

Transaksi saham di pasar negosiasi memang tidak terlalu banyak dilakukan. Namun ada baiknya Anda mengetahui tujuan trader bertansaksi di pasar negosiasi. Ada beberapa alasan trader melakukan trading di pasar negosiasi :

1. Cut loss saham

Trader yg menjual sahamnya di pasr negosiasi bisa jadi karena mereka ingin cut loss saham. Hal ini biasanya terjadi ketika trader membeli saham gorengan, kemudian harga sahamnya turun sampai Rp50 dan tidak ada antrian beli lagi, sehingga trader tidak bisa menjual sahamnya di pasae reguler.

Jadi harga saham yg harganya sudah mentok di gocap di pasar reguler, Anda masih bisa membeli dan menjualnya di pasar negosiasi. Di pasar negosiasi, biasanya harganya lebih rendah daripada harga sahamnya di pasar reguler.

2. Membeli saham di harga lebih rendah

Seperti yg saya jelaskan di poin pertama bahwa harga saham di pasar negosiasi umumnya lebih rendah daripada pasar reguler. Jadi kalau ada pemain saham yg memborong saham di pasar negosiasi, bisa jadi tujuannya adalah untuk itu (membeli di harga jauh lebih rendah), dan nantinya sahamnya bisa dilepas / dijual lagi di pasar reguler dgn harga yg jauh lebih tinggi.

Sebagai contoh, ELTY harga sahamnya adalah Rp50 di pasar reguler. Tetapi di pasar negosiaasi, harga sahamnya bisa hanya Rp39 saja. Jadi kalau ada transaksi beli saham dalam jumlah besar di pasar negosiasi, bisa jadi itu adalah permainan bandar supaya bisa menggoreng / menjatuhkan harga saham di pasar reguler.

Tapi ketika trader membeli saham di pasar negosiasi, belum tentu tujuannya 100% agar bisa menjual di pasar reguler. Kemungkinan lainnya, trader membeli saham di pasar negosiasi dan menjualnya juga di pasar negosiasi. Karena harga saham di pasar negosiasi lebih rendah, hal ini memudahkan trader membeli saham dgn jumlah lot yg jauh lebih banyak daripada di pasae reguler.
Artikel terkait : Money Management dalam Trading

3. Pasar negosiasi memiliki variasi harga

Yang namanya pasar negosiasi, tidak mengikuti mekanisme perdagangan dan fraksi harga layaknya di pasar reguler. Sebagai contoh, saham A di pasar reguler harganya adlaah 384. Menurut aturan fraksi harga saham, seharusnya kenaikan dan penurunan harga sahamnya adalah 2 poin (380, 382, 384, 386 dan seterusnya).

Tapi di pasar negosiasi hal ini tidak berlaku. Trader bisa menego harga di harga 277 yg sama sekali berbeda dgn fraksi harga di pasar reguler. Adanya variasi harga yg tidak harus mengikuti pasar reguler ini terkadang dimanfaatkan trader untuk membeli saham di pasar nego.

Nah, itulah tujuan-tujuan trader melakukan transaksi saham di pasar negosiasi. Tapi transaksi di pasar negosiasi ini tidak banyak yg melakukan. Kalaupun ada, mereka memiliki tujuan-tujuan tertentu, seperti ingin memiliki saham perusahaan dalam jumlah yg sangat besar, atau tujuan-tujuan seperti yg saya sebutkan diatas. Terus gimana cara transaksi di pasar negosiasi. Saya sudah pernah menuliskannya disini : Cara Transaksi Saham di Pasar Negosiasi.

Selain berbagi informasi dan edukasi saham, kami juga berbagi ulasan berbagai sekuritas saham terbaik saat ini di indonesia, anda bisa membacanya di artikel terkait dibawah ini :

Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama