Apa Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang?
1xBit Indonesia 21 Okt

Apa Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang?

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Analisa Fundamental Saham" dengan judul artikel "Apa Saham yang Bagus untuk Investasi Jangka Panjang?".

Keyword :

Artikel Terkait Analisa Fundamental Saham Terbaru & Terlengkap
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan analisis Teknikal Saham untuk Pemula.

Dahulu sebelum internet mulai booming di Indonesia (zamannya handphone bentuknya masih besar dan berat), kalau saya ingin makan makanan enak, maka saya harus keliling kota dulu, atau setidaknya tanya teman. Waktu internet sudah mulai menjamur di Indonesia, kalau saya mau cari makanan enak, misalnya martabak, saya sudah bisa googling: "Martabak enak di Malang" atau "Martabak enak di Surabaya". Tapi itupun masih kurang efektif menurut saya, soalnya informasi tsb masih kurang akurat. Jam buka-tutup tempat makan seringkali nggak update. Kontaknya sulit dihubungi dan lain-lain.

Nah, tapi dgn kehadiran aplikasi-aplikasi start up seperti Go Food dan Grab Food, maka sekarang saya hanya perlu  ketikkan menu makanan yg saya inginkan, dan muncullah tempat-tempat makan terdekat. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, maka kita juga dgn mudah bisa pesan melalui driver Go Food atau Grab Food, tanpa keluar rumah. Kita sekarang bisa merasakan dampak yg begitu besar dgn adanya kehadiran aplikasi-aplikasi start up ini. Contoh lainnya, dulu Anda belanja harus datang ke mall, toko.

Tapi sekarang kan sudah ada online shop (olshop). Bahkan Anda bisa belanja di Tokopedia, Bukalapak dan start-start up lain yg sejenis. Aplikasi2 yg biasanya Anda pakai inilah yg kita kenal dgn Revolusi Industri 4.0.
Jadi apa hubungannya dgn saham yg bagus untuk jangka panjang?

Saham yang Bagus untuk Jangka Panjang

Karena kita sudah memasuki Revolusi Industri 4.0 dan banyak manfaat yg dirasakan dari aplikasi-aplikasi tsb, maka dalam jangka waktu kedepan, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yg menggunakan jasa-jasa aplikasi start up tsb. Sekarang saja banyak pengusaham-saham muda yg berlomba-lomba untuk bikin start up, di mana aplikasi-aplikasi start up ini akan membantu banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya.
Saham yang Bagus untuk Investasi

1. Perusahaan teknologi

Itu artinya, saham-saham yg bakalan diuntungkan dgn Revolusi Industri 4.0 ini adalah Perusahaan yg mampu beradaptasi dgn perkembangan teknologi. Dalam jangka panjang, perusahaan yg berkaitan dgn teknologi, yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM). Kenapa TLKM? Kita tahu bahwa TLKM adalah salah satu penyedia layanan internet.

Dengan meningkatnya penggunaan-penggunaan aplikasi, olshop  dari waktu ke waktu, maka masyarakat akan semakin banyak membutuhkan fasilitas internet. Hal ini akan berdampak besar pada revenue TLKM. Selain itu yg terpenting, TLKM ini adalah perusahaan di Indonesia yg sangat adaptif terhadap perubahan teknologi. TLKM inilah perusahaan satu2nya di Indonesia yg sangat inovatif dalam membangun produk-produk digital yg dibutuhkan oleh pebisnis, masyarakat, perusahaan. Ini yg akan membuat TLKM dapat berkembang dan adaptif dalam jangka panjang.

2. Perusahaan perbankan

Saham-saham blue chip perbankan seperti BBCA, BBRI, BMRI, BBNI juga merupakan saham yg akan moncer dalam jangka panjang, karena kalau kita perhatikan ternyata perusahaan-perusahaan bank juga sangat adaptif terhadap perubahan teknologi.

Kalau dulu orang hanya kenal ATM, sekarang sudah ada layanan e-banking. Layanan ini juga terintegrasi dgn aplikasi-aplikasi start up, untuk pembayaran. Sebagai contoh, kalau Anda mau top up go pay, Anda nggak perlu ke ATM. Anda bisa pakai layanan e-banking. Transaksi ini akan menimbulkan keuntungan dualisme, baik pada perusahaan start up itu sendiri maupun perbankan.

Jadi intinya, saham-saham yg bagus untuk jangka panjang adalah saham-saham yg bisa mengadaptasi dgn perkembangan Industri 4.0 ini. Dalam hal ini seperti yg saya tuliskan tadi, pilihan saya untuk investasi adalah saham TLKM dan saham-saham blue chip perbankan. Sedangkan perusahaan-perusahaan yg kurang mampu beradaptasi, maka harga sahamnya juga akan sulit bersinar dalam jangka panjang.

3. Perusahaan ritel di Indonesia

Kita perhatikan contoh-contoh perusahaan ritel di Indonesia, di mana mereka banyak sekali yg tergerus dgn Revolusi Industri 4.0 ini. Banyak gerai-gerai ritel yg tutup, dan pendapatannya turun drastis. Saya sudah pernah bahas tentang salah satu emiten ritel yaitu LPPF disini : Analisa Fundamental LPPF. Yup, LPPF ini labanya turun terus, karena tergerus oleh kehadiran online shop, dan otomatis harga sahamnya juga turun berangsur-angsur.

Pak, gimana dgn perusahaan2 start up yg go public? Apakah perusahaan start up ini nantinya layak dijadikan tempat investasi jangka panjang?"

Well, buat perusahaan-perusahaan start up sendiri, Anda harus menganalisanya lebih lanjut, karena tidak semua perusahaan start up bagus. Sebagai contoh perusahaan start up pertama di Indonesia yg go public yaitu Kioson, kode sahamnya KIOS. Anda bisa lihat sendiri pergerakan sahamnya sekarang seperti apa. Jadi tidak serta merta perusahaan start up yg akan go public berarti pasti bagus.

Karena faktanya, sekarang ini perusahaan-perusahaan yg meskipun laporan keuangan di prospektusnya rugi, tapi mereka tetap bisa listing di Bursa. Dan ini yg membuat saya juga miris sekali. Maka dari itu, untuk perusahaan-perusahaan yg baru listing di Bursa, Anda harus menganalisanya lebih lanjut, paling tidak Anda harus melihat kinerjanya selama 1 tahun pertama.

Semoga kedepan perusahaan-perusahaan Unicorn seperti Bukalapak, Traveloka, Tokopedia dan Decacorn di Indonesia yaitu Go-Jek bisa listing di Bursa Efek, sehingga memberikan peluang yg lebih besar untuk investor maupun trader.

Selain sebagai media informasi dan edukasi seputar analisis fundamental saham, kami juga berbagi cara melakukan analisis teknikal saham untuk pemula, Anda bisa mempelajarinya di artikel terkait dibawah ini


Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama