Informasi Pajak Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia
1xBit Indonesia 21 Okt

Informasi Pajak Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Mekanisme Saham" dengan judul artikel "Informasi Pajak Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia".

Keyword :

Artikel Terkait Mekanisme Saham Terbaru & Terlengkap
Ingin sukses dalam perdagangan / trading saham? Jangan lupa membaca ebook profit trading saham yang kami bagikan sebelumnya, di halaman > Ebook Sukses Trading Saham.pdf.

Transaksi jual-beli saham di Bursa Efek yg biasanya Anda lakukan (di pasar reguler) sebenarnya selalu dikenakan pajak transaksi saham. Sampai saat ini, masih banyak rekan-rekan trader yg bingung mengenai pengenaan pajak yg dikenakan dari transaksi saham di Bursa Efek.
Pajak Perdagangan Saham di Bursa Efek
Artikel terkait : Emosi dan Psikologi Trading yang Baik
Di artikel ini, saya akan menjelaskan secara detail mengenai pajak yg dikenakan dari jual-beli saham yg Anda lakukan. Perlu Anda ketahui, pengenaan pajak atas transaksi saham dibagi menjadi 2, yaitu: Pengenaan pajak atas dividen dan pengenaan pajak atas penjualan saham. Selebihnya, tidak ada pajak-pajak lainnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel dibawah ini:

Pajak Perdagangan Saham di Bursa Efek 

Pajak dari transaksi saham akan dikenakan jika Anda mendapat dividen. Besar pajaknya yaitu 10% dari TOTAL DIVIDEN yg Anda terima dan berifat FINAL. Sedangkan kalau Anda melakukan aktivitas trading, maka Anda juga akan dikenakan pajak, yaitu sebesar 0,1% dan bersifat FINAL.

Tapi pajak 0,1% ini dikenakan saat Anda menjual sahamnya, bukan saat membeli saham. Pajak yg dikenakan atas penjualan sudah masuk dalam fee jual. Itulah mengapa fee jual dalam transaksi saham selalu ditetapkan lebih tinggi 0,1% dari fee belinya.

Contoh : fee beli: 0,2% dan fee jual: 0,3%. Di Dana reksa fee beli sebesar 0,17% dan fee jual adalah 0,27%. Hal ini dikarenakan 0,1%-nya adalah pajak dari transaksi Anda, sedangkan sisanya adalah untuk komisi sekuritas / broker.

Sekarang Anda sudah mengerti mengapa fee jual selalu ditetapkan lebih tinggi daripada fee belinya, yaitu adalah untuk pajak.
Jadi kalau Anda yg selama ini masih bingung mengenai mekanisme pajak dari transaksi trading, itulah jawabannya. Anda tidak bisa menghindar dari pajak saat mendapat profit dari trading. Anda juga nggak perlu repot-repot membayar pajak yg Anda dapatkan dari dividen, karena semua transaksi saham Anda sudah dipotong pajak.

Selain berbagi informasi dan edukasi saham, kami juga berbagi ulasan berbagai sekuritas saham terbaik saat ini di indonesia, anda bisa membacanya di artikel terkait dibawah ini :

Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama