3 Cara Optimasi Fanpage Untuk Meningkatkan Tayangan Video Facebook
1xBit Indonesia 21 Okt

3 Cara Optimasi Fanpage Untuk Meningkatkan Tayangan Video Facebook

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Facebook Kreator" dengan judul artikel "3 Cara Optimasi Fanpage Untuk Meningkatkan Tayangan Video Facebook".

Keyword : kreator studio fanpage, fb gaming kreator, fb konten kreator, creator studio fb.

Artikel Terkait Facebook Kreator Terbaru & Terlengkap
Tidak sedikit yang belum mengetahui cara optimasi video untuk halaman Facebook. Banyak Creator yang asal upload tanpa tau ke depannya akan bagaimana video yang di-upload-nya tersebut bisa populer atau tidak.

Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki Halaman Facebook ataupun Anda yang baru ingin memulai menjadi Content Creator, maka Anda harus lebih kreatif dan bisa memaksimalkan kualitas konten Halaman Anda.

Optimasi video Facebook sama pentingnya dengan optimasi Halaman, tujuannya adalah agar memudahkan pencarian orang terhadap video tersebut, baik dari hasil pencarian di facebook watch maupun hasil dari video terkait pada halaman lain. Karena jika pencarian itu mudah maka semakin mudah juga video Anda ditemukan, dan semakin bertambah juga jumlah viewer (penonton) pada video fanpage Anda.

Jika video anda di kaitkan dengan iklan Ad Breaks, akan semakin besar pula peluang mendapatkan uang dari video anda. Tahukah anda berapa ribu video yang di upload ke Facebook setiap harinya? Apakah video anda berpeluang untuk banyak di lihat orang setiap harinya? Kecuali video anda benar benar sebuah video yang menghebohkan.

Maka dari itu sangat penting untuk melakukan optimasi video facebook, layaknya sebuah artikel di website dengan sentuhan SEO (search engine optimation) agar hasil pencariannya lebih maksimal.
Optimasi Fanpage Untuk Meningkatkan Penonton Video

Optimasi Fanpage Untuk Meningkatkan Penonton Video FB

Bagi para Video Creator Facebook pasti ingin agar video hasil upload masuk pada halaman pertama pencarian di Facebook Watch agar dilihat orang banyak. Terutama untuk pemula yang ingin video dan Halaman nya diketahui oleh banyak orang dan menjadi viral.

Selain nanti video nya dapat menjadi viral, hal ini bisa menjadi ladang uang bagi para Creator yang mengaitkan Halaman Facebook dengan media pengiklan nya seperti Ad Breaks. Karena semakin banyak pihak yang melihat video tersebut, maka hasil receh yang didapat dari Facebook pun akan bertambah. Maka dari itu banyak Creator yang berlomba-lomba mencari cara dan trik agar video fanpage facebook nya bisa bersaing dan masuk halaman watch.

Memang tak jauh berbeda dengan website, yaitu konten baru dari sebuah wen baru tidak begitu saja bisa bersaing dengan konten artikel yang memiliki topik sama dari web yang sudah lama eksis. Bisa saja konten tersebut adalah hasil dari copy paste atau hanya mengganti beberapa kata saja.

Pada Facebook juga begitu, kebanyakan konten yang berada pada Fitur Watch Facebook dan halaman pencarian berasal dari konten Halaman yang sudah lama eksis, populer, serta dikenal banyak kalangan. Namun bukan berarti video di Halaman anda baru tidak bisa mendobrak ranking dan tayangan video.

1. Optimasi Kualitas Halaman Facebook

Untuk halaman facebook yang sudah lama eksis mungkin sudah mengerti cara optimasi halaman dan riset keyword video Facebook dengan mudah dan optimal, mungkin cara ini bisa membantu Anda yang pemula agar video di halaman Anda bisa bersaing dengan video yang memiliki topik sama dari Halaman lain yang sudah lama eksis.
Optimasi Kualitas Halaman Facebook

- Pengaturan Umum

Pengaturan ini wajib dilakukan untuk mendongkrak penonton video, karena ada beberapa hal penting yang perlu di atur, salah satunya fitur penerjemahan kiriman secara otomatis. Berikut cara melakukan pengaturan halaman umum pada fanpage :
1. Klik Pengaturan
2. Klik Umum
Optimasi Halaman Facebook

3. Aktifkan Kirim dalam Beberapa Bahasa
Ini akan berdampak baik, jika penulisan kiriman / postingan terdapat bahasa yang berbeda beda oleh para admin halaman, yang nantinya juga akan berdampak baik para penonton video dan kemunculan video di fitur watch facebook.
Optimasi Halaman FB

4. Aktifkan Terjemahan Otomatis
Ini akan berdampak baik untuk meningkatkan kemunculan video pada fitur watch facebook, konten video Anda juga berpotensi muncul di bahasa lain, dan yang pastinya video anda mendapatkan kesempatan untuk muncul di berbagai pengguna facebook di negara lain. Dengan catatan, pastikan setiap kiriman video mengandung judul dan diskripsi untuk diterjemahkan secara otomatis
Optimasi Fanpage Facebook

5. Aktifkan halaman untuk Siapa saja (di atas 13) / semua usia

- Informasi Halaman

Buatlah informasi halaman Anda dengan jelas dan dapat mendeskripsikan topik halaman untuk meningkatkan pengikut baru. Berikut cara mengedit info halaman :
1. Klik Pengaturan
2. Klik Info Halaman
Optimasi Fanpage FB
3. Keterangan :
  • Deskripsi : Masukkan diskripsi halaman Anda dengan lengkap dan jelas.
  • Kategori : Masukkan kategori halaman, misalkan video kreator, gaming kreator, dll.
  • Situs Web : Jika halaman Anda memiliki website/blog, masukkan pada kolom ini.
  • Email : Masukkan email untuk menghubungi anda (optional)
  • Alamat : Masukkan alamat lengkap halaman Anda, misalkan alamat pribadi Anda.

- Templat dan Tab Video Page

Konfigurasikan tindakan dan tab halaman Anda, Pilih templat dengan tombol dan tab yang telah dirancang khusus konten video (Video Page) agar membantu Halaman Anda berkembang dan semua video mudah ditemukan. Berikut cara mengganti templat halaman facebook menjadi Video Page :
1. Klik Pengaturan
2. Klik Templat dan Tab
Meningkatkan Viewer Video Facebook

3. Pilih Video Page, Klik Lihat Detail, dan klik Gunakan Templat
Meningkatkan Viewer Video FB

- Hubungkan Halaman dengan Grup

Jika anda mempunyai grup facebook yang sesuai dengan konten pada halaman fanpage, sebaiknya Anda menghubungkan / menambah grup tersebut ke fanpage, nantinya halaman facebook anda akan otomatis menjadi admin grup dan terlihat oleh semua anggota di grup. Berikut cara melihat grup yang telah terhubung ke fanspage facebook yang Anda kelola :
1. Klik Pengarutan
2. Klik Grup
Meningkatkan Tayangan Video FB


2. Optimasi Kualitas Konten Video Facebook

"Content is the king" bukan hanya omong kosong, sekarang facebook terus meningkatkan dan memperbarui algoritma nya. Ratusan hingga ratusan ribu konten video dengan topik yang sama diterbitkan di fanpage setiap harinya, tapi hanya beberapa konten video saja yang masuk di halaman pertama pencarian. Sebab itu, ada beberapa hal yang harus diterapkan :
Optimasi Kualitas Konten Video Facebook

- Manfaat Video bagi Pengguna

Upload video yang bisa mengundang orang-orang untuk berbagi, diantaranya adalah video yang mengandung manfaat, dan manfaat tersebut bisa saja karena berguna, menghibur, atau bahkan hanya informasi dan edukasi.

Contoh-contoh video yang paling banyak ditonton atau populer oleh netizen facebook bisa Anda baca pada artikel berikut ini : Video Yang Banyak Ditonton di Facebook

- Kualitas High Definition/HD

Usahakan mengupdate video yang mempunyai kualitas gambar yang baik atau kualitas High Definiton / HD, karena ini dapat meningkatkan terlihatnya video anda di video milik halaman lain yang berkategori sama.

Mungkin Anda pernah menonton video halaman anda sendiri lalu melihat dibawah nya terdapat video dari halaman lain, itu karena halaman lain mempunyai kualitas video yang bagus, dan kebetulan video tersebut berkategori sama dengan video halaman Anda.

Selain itu, kualitas video yang bagus juga dapat membuat betah para netizen / penonton.

- Watermark / Tanda Air

Pastikan anda menambah tanda air di setiap video Anda, ini dikerjakan pada saat anda melakukan editing, usahakan setiap video berisi watermark. Ini bertujuan agar halaman Anda tampak profesional dan berkualitas.

Selain itu, menambah tanda air juga dapat menghindari adanya reupload, kalaupun di reupload maka Anda dengan mudah bisa melaporkan konten video tersebut ke Facebook karena di video telah tertera watermark / tanda air milik Anda.


3. Optimasi Kualitas Kiriman & Distribusi Video Facebook

Bagaimana cara memperbanyak view video fanpage? Anda yang masih pemula di dunia facebook creator pasti masih bingung cara meningkatkan viewers video. Kali ini saya akan membantu agar memperbanyak penonton video facebook di halaman Anda. Cara ini sudah saya lakukan dan berhasil untuk meningkatkan penonton video facebook dengan melakukan optimasi kualitas kiriman video secara optimal.
Optimasi Kualitas Kiriman dan Distribusi Video Facebook

- Detail Video

Tambahkan detail video Anda untuk membuat kiriman yang berkualitas :
Meningkatkan Penonton Video Facebook
Judul Yang Jelas dan Menarik - Masukkan judul yang jelas dan menarik sesuai dengan isi video, judul ini akan lebih bagus jika mengandung kata kunci video.

Deskripsi Video Yang Optimal - Tambahkan deskripsi postingan yang menerangkat isi video, deskripsi ini juga akan sangat baik jika mengandung kata kunci dan juga hashtag. Masukkan hashtag sesuai kata kunci video, maksimal saat ini bisa menambahkan 30 hashtag.

Tag Kategori Video Yang Optimal - Tambahkan label kata kunci untuk membantu orang-orang menemukan video Anda, maksimal saat ini bisa menambahkan 8 label kata kunci.

Penempatan Kata Kunci Yang Optimal - Untuk penempatan kata kunci yang baik dan optimal adalah kata kunci yang dimasukkan pada Judul, Deskripsi, Tag Kategori, dan Hashtag. Pastikan anda menempatkan kata kunci di 4 penempatan tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal.

- Gambar Mini / Thumbnail Menarik

Pilih Gambar Mini untuk Video Anda. Gambar akan ditampilkan saat video Anda tidak diputar secara otomatis. Anda bisa memilih gambar yang dibuat secara otomatis, mengunggah gambar khusus, atau memilih bingkai dari video Anda.
Gambar Mini untuk Video Facebook

- Subtitles & Captions (CC)

Tambahkan subjudul dalam beberapa bahasa ke video Anda. Sekarang keterangan bisa dibuat secara otomatis. Sesuaikan dengan bahasa di video Anda, maka nantinya bahasa tersebut akan otomatis diterjemahkan dan ditampilkan sebagai subtitle saat video di putar.
Subtitles & Captions Facebook

- Distribusi Video dengan Crossposting

Memposting silang video di halaman facebook adalah cara untuk menggunakan dan memposting video di banyak Halaman lain, seolah-olah halaman lain tersebut melakukan upload video baru. Anda harus menjalin hubungan posting silang dengan Halaman lain atau Anda sudah menjadi admin dari Halaman tersebut.
Distribusi Video dengan Crossposting
Jika Anda memilih untuk melakukan posting silang, artinya anda tidak perlu mengunggah ulang video tersebut di halaman lain, cukup 1 halaman saja tetapi distribusi video dan kiriman bisa di banyak halaman yang telah di crossposting seoalah-olah mengunggah video baru.

Cara Mengizinkan Video Crossposting :

1. Edit video anda
2. Buka tab Distribusi
3. Di bagian "Buat Tersedia untuk Halaman Lain" Pilih "Semua Halaman di Pengelola Bisnis Anda"

Cara Melakukan Crossposting Video :

Untuk meningkatkan Penonton dan Tayangan Video Facebook dengan crossposting bisa Anda baca pada Trik 5 artikel berikut : 5 Trik Meningkatkan Tayangan Video Fanpage

Demikianlah tips dan cara melakukan optimasi halaman fanpage dengan cepat dan dapat dipraktekkan langsung untuk meningkatkan penonton dan tayangan video Facebook Ad Breaks. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tag : , trik reupload facebook, klaim hak cipta facebook.

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama