5 Cara Meningkatkan Like & Follower Fanpage Sesuai Algoritma Facebook
1xBit Indonesia 21 Okt

5 Cara Meningkatkan Like & Follower Fanpage Sesuai Algoritma Facebook

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Facebook Marketing" dengan judul artikel "5 Cara Meningkatkan Like & Follower Fanpage Sesuai Algoritma Facebook".

Keyword : belajar fb marketing, promosi di facebook, teknik fb marketing, facebook ads murah.

Artikel Terkait Facebook Marketing Terbaru & Terlengkap
Di artikel sebelumnya saya telah berbagi Rahasia Optimasi Video Fanpage untuk meningkatkan tayangan video di halaman facebook, beserta Tool Auto View Video Facebook. Sedangkan pada artikel kali ini adalah teknik optimasi fanpage untuk meningkatkan Like dan Follower. Tips dan trik fanpage kali ini sangat erat sekali kaitannya dengan tips dan trik sebelum-sebelumnya yang pernah kita bahas. Jadi, jangan lupa untuk membaca kembali artikel-artikel sebelumnya agar tips kali ini bisa Anda terapkan dengan maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum memulai tahap-tahap dan teknik optimasi fanspage kali ini, yaitu memahami algoritma facebook. Silahkan pelajari dibawah ini dan cobalah untuk menerapkan teknik nya.
Meningkatkan Like Follower Halaman Facebook

Memahami Algoritma Facebook Terbaru 2019

Algoritma Facebook saati ini lebih memprioritaskan interaksi aktif seperti "komentar" dan "berbagi". Jadi, "like" saat ini bisa dikatakan bukan lagi prioritas Facebook dalam menunjukkan postingan mana yang kan mendapatkan banyak interaksi dan berkualitas.

Algoritma facebook 2019 ini akan terus di perbaharui, dan bukan berarti akan selamanya seperti itu, jadi untuk saat ini yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan halaman fanpage sesuai dengan algoritma yang berlaku.

Cara Meningkatkan Like & Follower Halaman Facebook

Berdasarkan algoritma facebook terbaru saat ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan admin sebuah halaman agar bisa Meningkatkan Jumlah Like & Follower Fanpage. Anda harus mengikuti teknik optimasi sesuai algoritma yang berlaku agar halaman anda bisa populer dan punya banyak follower secara organik dan real human di facebook.

Dibawah ini adalah 5 cara paling cepat dan paling ampuh untuk menambah like dan follower fanpage facebook yang bisa anda gunakan untuk mempopulerkan halaman fanpage, hasil dari teknik ini dapat meningkatkan like dan follower halaman sesuai dengan algoritma facebook terbaru, dan tentunya ini akan berdampak baik bagi halaman Anda untuk mendapatkan lebih banyak interaksi pada setiap postingan yang anda bagikan nantinya.

1. Kualitas Niche / Topik Halaman

Sesuaikan topik halaman yang konsisten, Anda harus mengupdate konten-konten berkualitas yang sesuai dengan topik halaman. Misalkan konten khusus teknologi, kesehatan, properti, gaming, dll.
Niche Topik Halaman Fanpage
Artikel terkait : Konten Yang Paling Populer Di Facebook
Jangan mengupdate konten gado-gado, misalnya hari ini tentang kesehatan, besok tentang properti, dan besoknya lagi tentang teknologi, nantinya halaman Anda tidak dapat di crawl oleh algoritma facebook yang secara otomatis menampilkan halaman Anda secara organik pada halaman terkait lainnya.

2. Jenis Konten & Manajemen Postingan

Jenis konten disini bukan hanya pada topik yang dibagikan, tetapi juga pada waktu Anda mempostinf konten tersebut, Anda harus bisa memanajemen konten dan postingan Agar setiap kiriman Anda tidak membosankan.
Waktu Posting Terbaik di Fanpage

- Buat Postingan Terjadwal

Atur jadwal untuk kapan Anda harus mengupdate konten gambar, video, teks, video siaran langsung, dll. Jika anda sudah punya banyak konten, sebaiknya buat postingan terjadwal, jangan update kiriman halaman secara sekaligus dalam jumlah banyak, karena tidak semua follower Anda aktif membuka Facebook saat itu.
Jadwal postingan di halaman fanpage di artike terkait diatas didapatkan berdasarkan analisa pengguna facebook di indonesia, bahkan di berbagai negara lain juga aktif mengakses facebook pada jam tersebut.

3. Reaksi dan Interaksi Postingan

Facebook ingin agar postingan yang dianggap berarti adalah postingan yang mendapatkan banyak "share", dimana postingan ini memiliki banyak engagement dalam bentuk komentar, share dan juga reaksi / tanggapan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan interaksi postingan halaman :
Tingkatkan Reaksi dan Interaksi Postingan

 - Prioritaskan Kualitas, Bukan Kuantitas

Anda harus melakukan segmentasi audience agar konten di halaman Anda tetap relevan bagi pembacanya. Lakukan 1 posting saja di Facebook dalam sehari sebenarnya cukup, asalkan kiriman tersebut benar-benar berkualitas dan konsisten sesuai dengan topik halaman. Jika Anda terlalu sering posting, orang-orang juga bisa menjadi bosan dengan postingan Anda.
Artikel terkait : Meningkatkan Tayangan Video Facebook

 - Buat Kiriman Yang Dapat Mendorong Komentar dan Berbagi

Konten yang Anda bagikan di Facebook harus bisa mendorong orang untuk berinteraksi seperti komentar dan berbagi agar bisa dianggap sebagai konten yang memiliki kualitas. Fokuslah untuk membuat konten yang mampu membuka percakapan pada komentar.

- Balas Setiap Komentar pada Postingan

Algoritma facebook tidak hanya menilai dari jumlah komentar, api juga dari balasan di komentar. Jika sebuah komentar di sebuah postingan mendapatkan balasan, Facebook menganggap bahwa postingan ini dapat menimbulkan interaksi dan percakapan antar user.

 - Buat Kiriman Yang Berpotensi Mendapatkan Reaksi "Love"

Jika orang-orang meninggalkan reaksi love di konten yang Anda bagikan, konten tersebut akan mendapatkan nilai tambah dan dukungan dari Facebook untuk muncul di feed followers Anda. Dibanding dengan fitur like, reaksi love mendapatkan prioritas lebih tinggi.

4. Optimasi Informasi Halaman

Ada banyak teknik optimasi informasi halaman, tetapi pada poin saya hanya menambahkan yang terpenting saja sesuai dengan algoritma facebook untuk mendongkrak jumlah follower dan lebih menjelaskan kategori halaman Anda, tentunya ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan halaman dan tampilan halaman Anda pada halaman lain yang mempunyai topik yang sama, ini berlaku untuk setiap kiriman, misalnya kiriman video, dimana video anda bisa tampil di video fanpage lain karena terdapat persamaan topik.
Optimasi Informasi Halaman

- Informasi Deskripsi dan Kategori

Buatlah deskripsi dan kategori halaman dengan jelas dan sesuai dengan niche / topik fanpage
Informasi Halaman Deskripsi dan Kategori

- Informasi Email dan Alamat

Masukkan email agar orang-orang bisa menghubungi Anda, serta alamat lengkap. Ini adalah opsional dan boleh dikosongkan.
Informasi Halaman Email dan Alamat

- Informasi Jam Kerja, Impressum dan Kebijakan Privasi

Agar informasi halaman Anda lebih lengkap, silahkan masukkan jam kerja dan impressum, serta kebijakan privasi dari halaman.
Informasi Halaman Jam Kerja, Impressum dan Kebijakan Privasi

- Pengaturan Suka Unggulan di Fanpage

Untuk lebih meningkatkan keterlihatan halaman Anda di halaman lain yang juga milik Anda, silahkan tambahkan Suka Unggulan, ini bertujuan agar semua halaman Anda saling menampilkan halaman lain yang disukai.

Cara Menampilkan Halaman di Halaman Lain
  • Buka semua halaman milik Anda
  • Klik tanda titik 3 pada bagian halaman (disebelah tombol bagikan)
  • Lalu pilih "Sukai Sebagai Halaman Anda"
Cara Menampilkan Halaman di Halaman Lain
  • Setelah itu pilih halaman Anda yang lain untuk menyukai Halaman tersebut
Pengaturan Suka Unggulan di Fanpage
  • Lakukan satu per satu untuk semua halaman yang Anda kelola.
  • Setelah itu buka "Pengaturan" Halaman
  • Klik "Diunggulkan"
Halaman Yang Disukai Halaman Ini
  • Lalu pilih halaman anda yang lain yang ingin ditampilkan di bagian "Halaman Yang Disukai Halaman Ini"
  • Klik Simpan
Meningkatkan Like & Follower

meningkatkan keterlihatan halaman
  • Setelah itu buka halaman fanpage anda untuk melihat tampilan halaman yang disukai seperti gambar di bawah ini
tampilan halaman yang disukai

- Balasan Pesan Otomatis / Asisten Pemberi Tanggapan

Facebook juga menilai seberapa cepat tanggapan pesan pada halaman Anda, balasan pesan yang cepat tentunya menunjukkan bahwa Anda mempunyai admin yang aktif. Di beberapa fanpage kadang ditampilkan rata-rata tanggapan pesan. Oleh sebab itu, aktifkan tanggapan pesan otomatis di halaman facebook Anda.

Cara Mengaktifkan Balasan Pesan Otomatis :
1. Buka Halaman Anda
2. Pilih Pesan
3. Aktifkan Balasan Instan
4. Anda dapat menyesuaikan isi pesan balasan secara otomatis
Mengaktifkan Balasan Pesan Otomatis

5. Promosi Halaman Facebook Secara Gratis

Setelah cara-cara diatas diterapkan pada halaman fanpage Anda, selanjutnya adalah mencari follower untuk halaman Anda secara gratis.
Promosi Halaman Facebook Secara Gratis

 - Buat Group Facebook untuk Halaman

Facebook melihat Grup Facebook sebagai salah satu sarana yang bisa mendorong interaksi antar pengguna yang memiliki kesukaan atau hobi yang sama. Konten dari Grup juga menerima level prioritas yang sama dengan konten dari teman dan keluarga.

 - Buat Beberapa Facebook Khusus Promosi & Cari Teman Tertarget

Buatlah beberapa akun facebook khusus untuk mempromosikan halaman Anda dan menginvite banyak orang untuk menyukai halaman. Saat ini saya sendiri menggunakan lebih dari 10 akun facebook yang memiliki teman berbeda beda, ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi kiriman di halaman jika semua akun facebook tersebut membagikan postingan.

Cara Mendapatkan Teman Facebook yang Tertarget
  • Buka halaman fanpage lain yang mempunyai topik yang sama dengan fanpage Anda
  • Cari postingan terbaru dari halaman tersebut dan lihat orang-orang yang menyukainya
  • Tambahkan sebagai teman semua orang yang berinteraksi
  • Invite semua teman untuk menyukai halaman Anda

 - Gabung di Grup yang Sesuai dengan Topik Halaman

Setelah Anda memiliki beberapa akun facebook, silahkan bergabung di grup-grup facebook yang sesuai dengan topik halaman Anda, misalkan grup kesehatan, grup teknologi, dll.

Berbagilah konten yang paling populer dari halaman facebook Anda, mungkin konten viral, konten yang memiliki banyak komentar, atau konten yang memiliki banyak like.

 - Manfaatkan Fitur Video Siaran Langsung & Facebook Stories

Facebook memperbolehkan halaman untuk memanfaatkan fitur video siaran langsung. Live video streaming ini diprioritaskan oleh Facebook untuk ditampilkan di feed Facebook follower halaman.

Selain itu Anda juga bisa mengirim konten gambar / video di facebook stories, sama halnya dengan stories pada instagram yang hanya aktif 24 jam.

Cara Menampilkan Video dari Laptop sebagai Video Live Streaming Facebook
Anda tidak harus melakukan streaming dengan merekan video secara langsung, tetapi Anda bisa memanfaatkan video yang tersimpan di laptop untuk melakukan live streaming di halaman facebook. Seolah olah ini benar-benar live streaming, padahal hanya menampilkan video yang telah ada.

Bagaimana caranya? Untuk mengunggah video yang telah Anda miliki di laptop / PC, lalu menampilkan di halaman sebagai video siaran langsung, Anda bisa menggunakan software OBS Studio.

Caranya kurang lebih sama dengan live streaming gaming, yang membedakan hanya waktu perekaman saja, dimana live gaming adalah video yang benar-benar secara langsung di rekam saat itu, sedangkan live streaming yang saya maksud adalah menampilkan video yang ada sebagai video live streaming.

Untuk panduannya bisa dipelajari pada artikel berikut ini : Cara Live Steaming Video dengan OBS Studio.

Demikianlah cara melakukan optimasi halaman facebook terbaru untuk meningkatkan like dan follower fanpage, panduan ini bisa langsung Anda praktekkan dengan mudah secara gratis maupun berbayar di facebook ads dengan beriklan. Perubahan yang didapatkan jika teknik ini berhasil, Like dan Follower halaman Anda akan bertambah secara organik sesuai dengan Algoritma Facebook yang berlaku saat ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tag : , promosi produk di fb, panduan fb ads, pemasaran di facebook.

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama