Mencari Total Ekuitas di Laporan Keuangan - Fundamental Saham
1xBit Indonesia 21 Okt

Mencari Total Ekuitas di Laporan Keuangan - Fundamental Saham

Pada kesempatan ini SmartPeople.ID akan mengulas tentang Ahli Saham dengan judul artikel Mencari Total Ekuitas di Laporan Keuangan - Fundamental Saham, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Senin, September 16, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Ahli Saham Terbaru & Terlengkap
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan analisis Teknikal Saham untuk Pemula.

Dalam analisa laporan keuangan, istilah 'Modal' atau 'Modal Sendiri' merupakan istilah yg tidak asing bagi kita. Dalam praktiknya, masih banyak yg bingung bagaimana cara mencari modal sendiri di laporan keuangan. Perlu Anda pahami dahulu konsepnya, bahwa laporan keuangan perusahaan memiliki rumus / persamaan sebagai berikut : Aset = Utang (Kewajiban) + Modal (Ekuitas).

Itu artinya, aset yg dimiliki oleh perusahaan didapatkan dari dua pendanaan, yaitu pendanaan melalui utang dan pendanaan melalui modal alias ekuitas. Pendanaan melalui utang disebut juga pendanaan yg didapatkan melalui orang lain / pihak ketiga. Sedangkan pendanaan melalui modal atau ekuitas inilah yg disebut sebagai MODAL SENDIRI, karena pendanaan melalui modal adalah pendanaan yg didapatkan tanpa melalui pihak ketiga alias menggunakan modal pemilik.

Nah, bagaimana cara mencarinya di laporan keuangan? Cukup mudah. Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan berarti Anda harus mencari TOTAL EKUITAS.
Mencari Total Ekuitas di Laporan Keuangan

Mencari Total Ekuitas di Laporan Keuangan

Total ekuitas bisa dilihat pada laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan ekuitas / perubahan modal. Berikut cara mencari modal sendiri di laporan keuangan:

1. Melihat total ekuitas di laporan posisi keuangan / neraca

Disini saya menggunakan contoh laporan keuangan PT Ace Hardware Tbk (ACES). Perhatikan laporan posisi keuangan ACES terutama pada bagian ekuitas.

Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan - Laporan neraca 
Laporan neraca terdiri dari laporan aset, liabilitas dan ekuitas. Untuk mencari modal sendiri, Anda perlu lihat LAPORAN EKUITAS, yaitu pada total ekuitas. Pada contoh diatas, total ekuitas periode berjalan adalah Rp4.235.471.045.929 (tanda-tanda persegi hijau). Itulah yg dinamakan dgn modal sendiri. 

2. Melihat total ekuitas di laporan perubahan modal / ekuitas 

Cara lainnya, Anda bisa melihat modal sendiri di laporan perubahan modal / ekuitas. Perhatikan laporan perubahan modal ACES dibawah ini: 
Cara mencari modal sendiri di laporan keuangan
Untuk mencari modal sendiri di laporan ekuitas periode berjalan, Anda bisa lihat total ekuitas yg kanan bagian paling bawah (perhatikan tanda-tanda persegi hijau). Nilai total ekuitas di laporan perubahan modal pasti akan sama dgn nilai total ekuitas di laporan perubahan modal. Modal sendiri alias ekuitas di laporan keuangan secara umum rumusnya adalah: Modal saham + tambahan modal disetor + saldo laba - dividen yg dibayarkan.

Selain sebagai media informasi dan edukasi seputar analisis fundamental saham, kami juga berbagi cara melakukan analisis teknikal saham untuk pemula, Anda bisa mempelajarinya di artikel terkait dibawah ini

Tag : , ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama