Mencari ROA di Laporan Keuangan - Fundamental Saham

Mencari ROA di Laporan Keuangan - Fundamental Saham

Pada kesempatan ini SmartPeople.ID akan mengulas tentang Ahli Saham dengan judul artikel Mencari ROA di Laporan Keuangan - Fundamental Saham, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Rabu, September 18, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Ahli Saham Terbaru & Terlengkap
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan analisis Teknikal Saham untuk Pemula.

Salah satu analisis fundamental saham yg sering digunakan yaitu analisis Return on Asset (ROA). Kalau Anda belum tahu tentang ROA, tentang ROA, analisa ROA dan cara membaca ROA untuk analisis fundamental sudah saya bahas lengkap disini : Return on Asset (ROA)

Saya sering menerima pertanyaan rekan-rekan tentang bagaimana cara mencari ROA di laporan keuangan. ROA sendiri merupakan salah satu analisis rasio keuangan. Itu artinya, ROA tidak ditampilkan secara langsung pada laporan keuangan perusahaan. Karena laporan keuangan tidak menampilkan secara khusus rasio-rasio keuangan perusahaan. Kecuali dalam laporan tahunan (annual report), perusahaan biasanya menyertakan nilai ROA selama beberapa tahun.
Mencari ROA di Laporan Keuangan

Cara Mencari ROA di Laporan Keuangan

Anda harus menghitung sendiri melalui laporan keuangan. Tapi tenang, caranya mudah. Berikut adalah cara mencari ROA di laporan keuangan :

1. Pahami cara menghitung ROA

Rumus ROA adalah: Laba bersih / rata-rata aset total. Jadi Anda harus mencari nilai laba bersih dan aset total perusahaan selama tahun berjalan dan tahun sebelumnya. Untuk mengetahui letak laba bersih di laporan keuangan, Anda bisa baca disini : Mencari Laba Bersih di Laporan Keuangan

2. Hitung ROA pada laporan keuangan perusahaan

Untuk mencari laba bersih, Anda harus masuk ke laporan laba rugi. Sedangkan untuk mencari rata-rata total aset, Anda bisa mencari pada laporan posisi keuangan / laporan neraca. Disini saya akan menggunakan contoh PT Ace Hardware Tbk (ACES). Perhatikan laporan keuangan ACES dibawah ini: 

Cara mencari ROA di laporan keuangan - Laba bersih
Cara mencari ROA di laporan keuangan - Total aset
Pada laporan keuangan ACES diatas, laba bersihnya adalah sebesar Rp976.273.356.597. Dan rata-rata total aset perhitungannya sebagai berikut: (Rp5.321.180.855.541 + Rp4.428.840.550.479) / 2 = Rp4.875.010.703.010.

Sehingga ROA ACES dapat dihitung sebagai berikut: Laba bersih / rata-rata aset total = Rp976.273.356.597  / Rp4.875.010.703.010 = 0,2 kali atau 20%. 

Itulah cara mencari ROA di laporan keuangan. Langkah pertama, pahami rumus ROA. Langkah kedua, cari angka-angka ROA di laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi.

Selain sebagai media informasi dan edukasi seputar analisis fundamental saham, kami juga berbagi cara melakukan analisis teknikal saham untuk pemula, Anda bisa mempelajarinya di artikel terkait dibawah ini


Tag : , ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.
Portal Edukasi Bisnis dan Investasi Terlengkap. Selain Sebagai Media Informasi Finansial Terbaik di Indonesia, Melalui Konten Berkualitas dan Bermanfaat Kami Berkomitmen untuk Memandu Anda dalam Memulai Berbagai Bidang Bisnis.

Kategori Terpopuler

Terpopuler Hari Ini