Mencari EBIT di Laporan Keuangan - Fundamental Saham

Mencari EBIT di Laporan Keuangan - Fundamental Saham

Pada kesempatan ini SmartPeople.ID akan mengulas tentang Ahli Saham dengan judul artikel Mencari EBIT di Laporan Keuangan - Fundamental Saham, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Kamis, September 19, 2019

Keyword :

Artikel Terkait Ahli Saham Terbaru & Terlengkap
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, yaitu > Panduan analisis Teknikal Saham untuk Pemula.

Dalam analisa laporan keuangan atau analisa fundamental saham, Anda pasti sering mendengar istilah EBIT. Apa itu EBIT? EBIT adalah singkatan dari Earning Before Interest & Tax. Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia-nya adalah 'laba sebelum bunga dan pajak'. Kita tahu bahwa di dalam analisis laporan keuangan, komponen laba bisa dibagi tiga koomponen penting, yaitu: Laba kotor, laba usaha dan laba bersih, Anda bisa baca analisanya disini : Laba Kotor, Laba Usaha dan Laba Bersih
Mencari EBIT di Laporan Keuangan

Mencari EBIT di Laporan Keuangan

Di dalam laporan keuangan perusahaan go public, EBIT biasanya ditulis / ditampilkan sebagai 'laba usaha'  atau 'laba operasi' bukan ditampilkan sebagai laba sebelum pajak dan bunga. Jadi Anda harus pahami dulu konsep penulisannya di laporan keuangan perusahaan. Lalu bagaiaman cara mencari EBIT di laporan keuangan? Berikut adalah langkah-langkah cara mencari EBIT di laporan keuangan:


1. Download laporan keuangan di situs IDX

Anda bisa download dulu laporan keuangan melalui situs IDX. Langkah-langkah nya bisa Anda baca disini : Mendapatkan Laporan Keuangan Perusahaan

2. Buka laporan keuangan

Laporan laba rugi, untuk mencari EBIT di laporan keuangan, Anda bisa buka laporan keuangan dan kemudian masuk di laporan laba rugi. Disini saya menggunakan laporan keuangan PT Ace Hardware Tbk (ACES). Perhatikan laporan laba rugi ACES dibawah ini :
Cara mencari EBIT di laporan keuangan
Posisi EBIT di laporan keuangan adalah nilai laba kotor- beban usaha + pendapatan lain-lain - beban lain-lain alias LABA USAHA. Untuk beberapa perusahaan menuliskannya sebagai LABA OPERASI. Sama saja.

Pada laporan ACES diatas, EBIT-nya yaitu yg saya kasih tanda-tanda persegi warna hijau, nilainya sebesar Rp1.229.001.071.123 dan Rp970.661.858.914.

Sedangkan setelah laba usaha alias EBIT, maka nilai laba perusahaan akan dikurangkan dgn beban keuangan (perhatikan tanda-tanda persegi warna hijau). Beban keuangan itulah yg dinamakan dgn beban bunga. Sehingga setelah laba usaha / operasi, kita tidak bisa menyebutnya sebagai EBIT, tetapi EBT alias earning before tax.

Selain sebagai media informasi dan edukasi seputar analisis fundamental saham, kami juga berbagi cara melakukan analisis teknikal saham untuk pemula, Anda bisa mempelajarinya di artikel terkait dibawah ini


Tag : , ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.
Portal Edukasi Bisnis dan Investasi Terlengkap. Selain Sebagai Media Informasi Finansial Terbaik di Indonesia, Melalui Konten Berkualitas dan Bermanfaat Kami Berkomitmen untuk Memandu Anda dalam Memulai Berbagai Bidang Bisnis.

Kategori Terpopuler

Terpopuler Hari Ini