Apa Itu Trading Limit dalam Perdagangan Saham?
1xBit Indonesia 21 Okt

Apa Itu Trading Limit dalam Perdagangan Saham?

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "Mekanisme Saham" dengan judul artikel "Apa Itu Trading Limit dalam Perdagangan Saham?".

Keyword :

Artikel Terkait Mekanisme Saham Terbaru & Terlengkap
Ingin sukses dalam perdagangan / trading saham? Jangan lupa membaca ebook profit trading saham yang kami bagikan sebelumnya, di halaman > Ebook Sukses Trading Saham.pdf.

Dalam trading saham, terdapat istilah TRADING LIMIT. Anda perlu memahami dgn baik apa itu trading limit, karena hal ini berkaitan dgn batasan modal yg bisa Anda gunakan dalam trading. Trading limit saham menunjukkan batas maksimum nasabah bisa membeli saham pada hari tersebut diatas modal yg Anda miliki (di cash atau trading balance).
Artikel terkait : Cara Analisa Teknikal dengan Ichimoku

Analogi Trading Limit Jual Beli Saham

Bahasa mudahnya, trading limit itu sama dgn batas utang maksimal yg bisa Anda pakai trading, atau dalam bahasa saham-nya adalah batas margin trading. Jadi kalau Anda sekarang butuh duit Rp500.000, tapi Anda perlu membeli barang dgn harga Rp1.000.000. Maka, Rp500.000-nya ini bisa Anda dapatkan dgn cara ber-utang.

Di pasar saham, Rp500.000 ini yg dinamakan dgn margin trading atau leverage. Tapi tentu saja, jumlah uang yg bisa Anda gunakan untuk utang ini ada batasnya. Misalnya, dgn modal Rp500.000 yg Anda punya, dalam sehari maksimal Anda bisa utang ke sekuritas senilai Rp2.000.000.

Batasan maksimal (sebesar Rp1.500.000 selain modal Anda sendiri yg Rp500.000) inilah yg disebut trading limit. Paham sampai disini? Trading limit yg Anda miliki di akun trading Anda bisa berubah setiap hari, tergantung dgn perubahan nilai saham (naik turunnya saham) dan komposisi saham yg Anda miliki. Karena Anda menggunakan fasilitas leverage dari sekuritas, maka tentu saja Anda harus 'mengembalikan utang' tersebut PLUS BUNGANYA. 
Trading Limit dalam Saham

Jatuh Tempo Trading Limit di Sekuritas

Pada umumnya, jatuh tempo trading limit di sekuritas adalah 6 hari bursa (T+6) terhitung sejak Anda membeli saham. Jadi kalau T+6 setelah Anda membeli saham, Anda tidak menjual saham Anda, maka Anda akan terkena force sell.

Dan perlu Anda ingat juga, jika Anda menggunakan fasilitas trading limit yg diberikan, maka Anda akan dikenakan bunga. Misalnya di sekuritas menetapkan bunga sebesar 0,2%. Maka, ketika Anda membeli saham BMRI pada tanggal 10 Maret misalnya, dgn fasilitas trading limit ini, dan Anda memutuskan menjual BMRI tanggal 14 Maret, maka Anda harus membayar juga bunga ke sekuritas sebesar 4 * 0,2% = 0,8% (11,12,13,14 Maret = 4 hari).

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang trading limit. Artikel ini juga saya tulis untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan mengenai apa itu trading limit khususnya buat trading saham. Jadi jangan heran kalau saat melihat account summary di posisi account balance saldo Anda misalnya ada Rp50 juta. Tetapi di trading limit Anda bisa lebih gede dari itu, misalnya Rp60 juta. Nah, artinya Rp60 juta itu adalah batas maksimal trading yg bisa Anda lakukan di hari tsb, di mana Rp10 juta-nya itu adalah berasal dari modal yg sekuritas pinjamkan pada Anda (utang / margin trading).

Catatan : Walaupun Anda diberi fasilitas trading limit, di mana Anda bisa membeli saham lebih banyak daripada modal Anda yg seharusnya, tetapi saya selalu menyarankan pada Anda agar tidak menggunakan fasilitas ini. 
Dalam trading, sebaiknya Anda tidak menggunakan utang, karena penggunaan margin ini sangat berisiko bagi trader, baik secara psikologis maupun kesehatan portofolio saham Anda. Di artikel tsb, saya juga menuliskan bahwa margin trading memiliki risiko dan kerugian yg lebih besar, ketimbang keuntungan dan manfaatnya.

Selain berbagi informasi dan edukasi saham, kami juga berbagi ulasan berbagai sekuritas saham terbaik saat ini di indonesia, anda bisa membacanya di artikel terkait dibawah ini :

Tag : ,

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Berlangganan Artikel

· Agar Mendapatkan Notifikasi Terbaru
· Masukkan E-mail & Klik Berlangganan
· Selanjutnya Cek E-mail Untuk Verifikasi

Install Web App SmartPeople.ID

· Buka SmartPeople.ID di Chrome/Opera
· Klik Ikon 3 Titikdi Browser
· Pilih "Tambahkan ke Layar Utama"
· App Akan Ditambah di Menu Utama