Pemahaman Pasar Modal, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Tujuan Pasar Modal

Pemahaman Pasar Modal, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Tujuan Pasar Modal

Pada kesempatan ini Adi Gunawan akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Pemahaman Pasar Modal, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Tujuan Pasar Modal".

Tag : belajar saham, edukasi saham, panduan saham.

Artikel Terkait Edukasi Saham Terbaru & Terlengkap
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya, Anda bisa menemukan berbagai rekomendasi bisnis terbaik sesuai karakteristik dan hobi Anda di halaman > Daftar Isi Rekomendasi Bisnis Terlengkap. Di dalam dunia bisnis, investasi dan keuangan, Anda pasti pernah mendengar istilah PASAR MODAL. Seperti yang sering AdiGunawan.NET bahas di artikel sebelumnya, pembahasan tersebut sangat berkaitan dengan pasar modal, khususnya saham.

Pemahaman Pasar Modal

Apa itu Pasar Modal? Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang sedang kelebihan dana (investor) dengan pihak yang sedang kekurangan dana (emiten), untuk memperjualbelikan sekuritas dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Di pasar modal yang perdagangkan adalah sekuritas perusahaan atau saham, reksadana dan obligasi.

Pasar modal juga bisa menjadi alternatif investasi pintar selain dari menabung uang di bank, investasi pada aset riil (tanah, emas), deposito berjangka, berbagai asuransi dan lainnya.

Pasar modal adalah pasar untuk bertransaksi atau memperjual-belikan instrumen investasi, baik itu untuk jangka pendek atau jangka panjang, instrumen-instrumen tersebut diterbitkan oleh pemerintah, swasta / perusahaan.
Pengertian Pasar Modal

Defisini Pasar Modal Secara Umum

Berikut adalah pengertian pasar modal menurut undang-undang dan para ahli di indonesia.

A. Pengertian Pasar Modal Menurut UU

ᴍᴇɴᴜʀᴜᴛ ᴜɴᴅᴀɴɢ-ᴜɴᴅᴀɴɢ ᴘᴀꜱᴀʀ ᴍᴏᴅᴀʟ, ɴᴏᴍᴏʀ 8, ᴛᴀʜᴜɴ 1995, ᴘᴀꜱᴀʟ 1, ʙᴜᴛɪʀ 14, pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum perdagangan efek perusahaan publik, yang berkaitan dengan efek yang telah diterbitkan, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. 

B. Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

1. Definisi pasar modal menurut Suad Husnan (2005)
Pasar modal adalah tempat untuk berbagai instrumen keuangan atau sekuritas yang berjalan jangka panjang yang dapat digunakan untuk jual beli, baik dalam bentuk utang maupun modal sendiri, yang diterbikan pemerintah maupun perusahaan.

2. Definisi pasar modal menurut Fahmi & Hadi (2009)
Pasar modal merupakan tempat dimana berbagai perusahaan menjual saham & obligasi nya, dengan tujuan agar hasil penjualan dapat digunakan sebagai tambahan dana dan untuk menambah modal sebuah perusahaan.

3. Definisi pasar modal menurut Tandelilin (2001)
Definisi pasar modal dalam arti luas merupakan sistem keuangan yang terorganisie, termasuk bank-bank komersial dan semua perantara di bidang keuangan dan serta surat berharga.

Sedangkan definisi pasar modal dalam arti sempit merupakan tempat pasar terorganisir yang memperdagangkan saham-saham dan obligasi dengan menggunakan jasa broker, komisioner dan underwriter.
Artikel lainnya : Rekomendasi Sekuritas Saham Fitur Trading Online

Manfaat Pasar Modal

Berikut adalah maanfaat-manfaat pasar modal menurut AdiGunawan.NET selama mengenal dunia investasi dan saham :

1. Menyediakan Sumber Pembiayaan

Bagi dunia usaha dan emiten, pasa modal dapat menyediakan sumber pembiayaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sekaligus memungkinkan untuk alokasi sumber daya secara optimal.

2. Memberikan Wahana Investasi

Bagi investor atau masyarakat umum dapat melakukan investasi sebagai alternatif dari menabung di bank, sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi.

3. Memberikan Kepemilikan Perusahaan

Jika telah membeli saham dan menyimpannya, maka pembeli tersebut telah memiliki kepemilikan dari perusahaan, meskipun hanya beberapa % (tergantung dari jumlah saham yang di beli), ini berlaku untuk semua orang yang telah diverifikasi oleh broker, sampai lapisan masyarakat menengah.

4. Menciptakan & Membina Dunia Usaha dan Pekerjaan

Pasar modal dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan juga yang menarik bagi minat masyarakat adalah dapat membangun profesi yang baik.

Dengan semakin berkembangnya pasar modal maka banyak lapangan kerja yang berkaitan dengan pasar modal, seperti pialang saham, analis-analis saham, perusahaan sekuritas, perusaan bank, dan juga media terkait saham seperti Adigunawan.net, Finansialku.com, Moneysmart.id dan lain-lain. 
Artikel lainnya : Pelaku di Pasar Saham dan Keuntungan dari Saham
Manfaat Pasar Modal

Manfaat Pasar Modal dari Pelaku Pasar

Manfaat pasar modal ada banyak sekali, di bawah ini adalah manfaat pasar modal dari berbagai sisi dan pelaku pasar modal, baik manfaat dari sisi investor, emiten, bahkan dari pemerintah. Tahukah Anda manfaatnya? Jalau belum, simak pembahasannya dibawah ini :

A. Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

1. Mendapatkan profit capital gain
Ketika investor melakukan investasi, investor berkemungkinan mendapatkan kerugian jika harga saham turun, dan berkemungkinan mendapatkan keuntungan jika harga saham naik. Jumlah keuntugan tersebut senilai selisih harga beli dan harga jual. Umumnya investor yang melakukan transaksi ini bukan hanya investor, tetapi juga trader. Selengkapnya.. Perbedaan Investor dan Trader

2. Mendapatkan dividen bagi investor
Dividen adalah pendapatan utama dari pemegang saham yang diberikan oleh perusahaan dari keuntungan hasil usaha / profit perusahaan, kepada investor saham berjangka. Selengkapnya.. Sumber Data Analisis Fundamental Saham Perusahaan

3. Mendapatkan Hak Suara di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
Secara rutin setiap perusahaan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS untuk memutuskan mosi-mosi yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan. Bagi orang / perusahaan yang memiliki saham, berarti ia memiliki hak suara dalam RUPS, pengambilan keputusan dilakukan melalui voting.

4. Mudah Mengganti Alat Investasi
Investor memiliki hak yang penuh untuk menentukan jenis investasi yang ingin dilakukan, sesuai dengan kapabilitas pasar dan tujuannya dalam memiliki suatu saham.
Artikel lainnya : Jenis-Jenis dari Saham
5. Dapat Berinvestasi di Banyak Perusahaan

Sesuai dengan prinsip : "ᴅᴏɴ’ᴛ ᴘᴜᴛ ᴀʟʟ ʏᴏᴜʀ ᴇɢɢꜱ ɪɴ ᴏɴᴇ ʙᴀꜱᴋᴇᴛ", "ᴊᴀɴɢᴀɴ ᴍᴇʟᴇᴛᴀᴋᴋᴀɴ ꜱᴇʟᴜʀᴜʜ ᴛᴇʟᴜʀᴍᴜ ᴅᴀʟᴀᴍ ꜱᴀᴛᴜ ᴋᴇʀᴀɴᴊᴀɴɢ". Kutipan saham tersebut bertujuan untuk mengingatkan dan menghindari kemungkinan kerugian besar, apabila satu investasi kita gagal. Melalui prinsip ini suatu investasi gagal, maka kita bisa memiliki beberapa investasi di tempat lain yang masih berpotensi untuk memperoleh profit / keuntungan.

B. Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

1. Dana Dihimpun dapat Lebih Besar
Dapat meningkatkan kebutuhan usaha, karena mendapatkan peluang dalam memperoleh dana yang besar, sehingga berkemungkinan perluasan usaha jadi semakin besar.

2. Dana dapat diterima setelah Pasar Perdana selesai
Perolehan dana untuk emiten di pasar modal dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. Setelah pasar perdana selesai maka perusahaan sudah berhak untuk mendapatkan dana langsung.

3. Fleksibilitas Pengelolaan Data
Emiten akan diberikan kebebasan dalam mengelola data yang telah dimiliki.

4. Dividen Sesuai Keuntungan Perusahaan
Perusahaan akan memberikan keuntungan / dividen kepada para investor sesuai dengan keuntungan yang didapat oleh perusahaan tersebut. Apabila keuntungan yang didapat kecil maka tetap keuntungan kecil tersebutlah yang akan dibagi-bagi ke investor.

C. Manfaat Pasar Modal Bagi Pemerintah

1. Mendorong Kegiatan Investasi Pintar
Adanya pasar modal, terutama di indonesia, maka ini dapat memudahkan pergerakan ekonomi di bidang investasi.

2. Mendorong Perkembangan Pembangunan
Ekonomi pintar dan investasi akan terus bergerak dan menciptakan perkembangan pembangunan yang akan semakin membaik, termasuk perkembangan perekonomian masyarakatnya.

3. Menciptakan Kesempatan Kerja
Dengan adanya pasar modal, terumatama indonesia, maka terbuka juga banyak kesempatan kerja di bidang pelaku pasar modal.

4. Indikator Perkembangan Ekonomi Nasional
Kegiatan investasi dan bisnis di dunia pasar modal dapat digunakan sebagai salah satu parameter pengukur pendapatan ekonomi di suatu negara.

Fungsi Pasar Modal

Fungsi Pasar Modal

Berikut adalah 2 fungsi utama yang dijalankan dalam pasar modal :

1. Sebagai Lembaga Perantara

Pasar modal sebagai perantara yang mempertemukan antara pihak yang membutuhkan dana (perusahaan) dengan pihak yang kelebihan dana (investor). Perusahaan mengharapkan mendapatkan tambahan dana dari investor melalui pasar modal.

Tambahan dana ini dari investor yang telah memutuskan untuk investasi dananya ketika perusahaan melakukan penawaran, sebagai imbalan investor akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham milik perusahaan.

2. Mendorong Alokasi Dana Efisien

Karena adanya pasar modal inilah maka investor dapat memilih berbagai alternatif investasi yang memberikan return yang paling efektif, efisien dan optimal.

Jenis Pasar Modal

Jenis-Jenis Pasar Modal

Berikut adalah beberapa jenis dari market pasar modal yang wajib Anda ketahui, diantaranya Pasar perdana (Initial Public Offering/IPO), Pasar sekunder, Bursa paralel :

1. Pasar Perdana (Initial Public Offering/IPO)

Pasar perdana merupakan jenis pasar modal yang melakukan penjualan perdana efek oleh perusahaan yang telah menerbitkan efek tersebut sebelum efek dijual / dibuka untuk perdagangan melalui bursa efek. Pada Initial Public Offering, efek dijual dengan harga emisi, perusahaan yang menerbitkan emisi tersebut hanya memperoleh dana dari penjualan tersebut (bukan dari bursa efek).
Selengkapnya.. Pemahaman IPO, Mekanisme dan Tujuan IPO

2. Pasar Sekunder

Pasar sekunder merupakan jenis pasar modal yang melakukan penjualan efek setelah penjualan pada Initial Public Offering berakhir. Pada pasar sekunder harga efek ditentukan berdasarkan kurs efek tersebut. Naik turunnya harga efek ditentukan oleh permintaan dan penawaran di bursa. Efek yang memenuhi syarat pendaftaran di bursa akan dapat di perdagangkan di bursa setelah terdaftar, bagi efek yang tidak memenuhi syarat dapat menjual efeknya di luar bursa efek.

3. Pasar Paralel

Bursa paralel merupakan jenis pasar modal pelengkap bursa efek yang telah ada. Perusahaan yang telah menerbitkan efek dan akan menjual efek nya di bursa dapat dilakukan melalui bursa paralel. Bursa paralel ini diselenggarakan oleh Persatuan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE).

Tujuan Pasar Modal

Tujuan Pasar Modal

Dari berbagai pemahaman di atas, seperti pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, jenis pasar modal, dan manfaat pasar modal, secara umum untuk tujuan dari pasar modal itu sendiri dapat disumpulkan sebagai berikut :

1. Menambah Modal Usaha

Setiap perusahaan bisa mendapatkan dana dengan cara menjual saham nya ke pasar modal. Saham-saham tersebut nantinya dapat dibeli oleh masyarakat umum, trader saham, investor saham, perusahaan lembaga atau pemerintah.

2. Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan tambahan modal yang telah didapat dari pasar modal, maka produktivitas sebuah perusahaan akan menjadi meningkat.

3. Pemerataan Pendapatan

Dalam jangka waktu tertentu suatu saham yang telah dibeli nantinya akan memberikan deviden atau keuntungan perusahan terhadap para pembelinya. Sebab itu, penjualan saham dengan pasar modal bisa dianggap sarana pemerataan pendapatan penghasilan.

4. Meningkatkan Pendapatan Negara

Deviden yang diberikan kepada pemegang saham nantinya akan dikenai pajak oleh pemerintah. Ini bisa menjadi tambahan pemasukan negara dan tentunya ini akan menambah pendapatan untuk negara.

5. Indikator Perekonomian Negara

Dengan kegiatan transaksi dan volume perdagangan (penjualan atau pembelian) di bursa yang meningkat dapat memberikan indikasi bahwa kegiatan perdagangan dan bisnis perusahaan dapat berjalan dengan baik, begitupun sebaliknya.

6. Menciptakan Tenaga Kerja

Pasar modal bisa menjadi pendukung muncul dan berkembangnya industri lain, ini berdampak baik untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru yang terkait dengan pasar modal.

AdiGunawan.NET - Selain sebagai media informasi saham dan review sekuritas saham terlengkap di indonesia, AdiGunawan.NET juga berbagi panduan cara bisnis cryptocurrency, Anda bisa menemukan panduan lengkapnya pada halaman dibawah ini :

Keyword : Edukasi Saham, cara trading saham, memulai trading saham.

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Kategori Terpopuler

Artikel Terpopuler


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar
Tanggapan dan Saran (1)