Panduan Memulai Trading Saham dan Investasi Saham untuk Pemula

Panduan Memulai Trading Saham dan Investasi Saham untuk Pemula

Pada kesempatan ini SmartPeople.ID akan mengulas tentang Edukasi Saham dengan judul artikel Panduan Memulai Trading Saham dan Investasi Saham untuk Pemula, yang ditulis oleh Adi Gunawan, pada hari Selasa, Maret 26, 2019

Keyword : belajar saham, edukasi saham, panduan saham.

Artikel Terkait Edukasi Saham Terbaru & Terlengkap
Anda Pemula yang Ingin Belajar Jual Beli atau Trading Saham? atau Pemula yang Ingin Memulai Investasi Saham? Perlu diketahui bahwa Trading Saham dan Investasi Saham itu berbeda! memulai trading saham dan investasi saham awalnya mempunyai langkah yang sama, yaitu dengan memahami tentang saham terlebih dahulu, lalu memilih broker saham, dan mendanai akun saham anda untuk trading (jual beli saham) atau menyimpan saham hingga waktu tertentu (investasi).

Panduan Memulai Trading Saham dan Investasi Saham

Sekarang Anda bisa dengan mudah untuk belajar jual beli saham atau bahkan investasi saham. Berikut adalah tahapan awal dalam memulai trading saham dan investasi saham untuk pemula. Perlu dikatahui bahwa trading saham dan investasi saham adalah 2 jenis transaksi saham yang mempunyai perbedaan prinsip, strategi, analisis, dan waktu.
Panduan Memulai Trading Saham dan Investasi Saham

Tahap 1 - Tujuan Bisnis Saham

Jangan sampai Anda terjun ke dunia saham hanya karena ikut-ikutan, Anda wajib mempunyai tujuan dan niat yang benar-benar telah Anda rencanakan sebelumnya, karena bisnis saham adalah bisnis yang membutuhkan banyak modal, pengetahuan, waktu, dan strategi yang baik.
Ada baiknya Anda menjawab pertanyaan saya dibawah ini, setelah memahami perbedaan antara trading saham dan investasi saham pada artikel terkait diatas, saya yakin anda bisa menjawab pertanyaan saya di bawah ini :
  1. Anda ingin menjadi Investor atau Trader?
  2. Anda suka Menyimpan atau Menjual?
  3. Anda fokus ke Perusahaan atau Produk?
  4. Anda lebih paham Fundamental atau Teknikal?
  5. Anda menyukai transaksi Jangka panjang atau Pendek?
Jika jawaban Anda lebih memilih pilihan kedua, artinya karakteristik anda adalah seorang trader, bukan investor. Tetapi jika jawaban Anda lebih ke pilihan pertama, artinya anda punya mental dan ketertarikan menjadi seorang investor saham :)

Investor atau Trader? Apapun yang anda pilih, untuk memulainya Anda perlu menyiapkan poin-poin penting yang saya jelaskan pada tahap 2 dibawah ini


Tahap 2 - Persiapan Bisnis Saham

Setelah menentukan tujuan anda dalam berbisnis saham, di bawah ini adalah tahapan kedua, baik itu untuk memulai trading saham ataupun memulai investasi saham, tahap-tahap awal ini wajib untuk dipersiapkan :

1. Pengetahuan Tentang Saham

Anda wajib belajar dan memahami tentang hal-hal tentang saham, baik itu jenis investasi saham, kelemahan investasi saham, sistem trading saham, broker saham, hingga berita fundamental dan cara analisa teknikal saham.

Pahami definisi kepemilikan saham dan kaitannya, misalnya hak atas deviden termasuk resiko investasi, serta kenali juga instrumen pasar saham.

Trader Saham - Apakah Anda adalah seorang trader saham? berikut adalah panduan analisis teknikal harga saham yang wajib anda pelajari agar mendapatkan profit dalam jual beli : cara analisis teknikal saham.

Investor Saham - Jika Anda seorang investor, maka berita fundamental dan informasi perusahaan saham adalah yang paling utama dan paling tepat untuk anda prioritaskan terlebih dahulu, anda bisa mendapatkan berita tentang saham terbaru dan terlengkap pada halaman berikut ini : berita saham terbaru.

2. Memilih Broker / Sekuritas Saham

Broker saham, Pialang saham atau perusahaan sekuritas adalah partner kita dalam berinvestasi dan trading saham. Kita menyetor dana ke broker, dan mempercayainya untuk menyimpan dana agar kita bisa bertransaksi jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), nantinya kita juga akan diberi fasilitas seperti software trading online, dan juga fasilitas konsultasi saham gratis oleh pihak perusahaan broker.

Sebelum memilih broker saham, ada beberapa kriteria broker saham terbaik dan terpercaya di indonesia, yaitu :
  1. Memiliki Izin usaha resmi/legal.
  2. Diawasi dan terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK).
  3. Memahami struktur permodalan.
  4. Pelayanan yang diberikan baik dan ramah.
  5. Struktur komisi transaksi dan biaya yang rendah.
  6. Memiliki nasabah yang banyak.
  7. Jumlah setoran awal yang terjangkau.
  8. Komisi transaksi yang terjangkau.
  9. Menyediakan layanan trading saham online.
  10. Menyediakan software trading online.
  11. Menyediakan platform untuk mempermudah analisa teknikal.
  12. Menyediakan layanan diskusi dan konsultasi saham.
Rekomendasi broker saham terbaik Indonesia, selengkapnya baca disini : Daftar Broker Saham Terbaik di Indonesia

3. Modal Awal

Setelah anda memilih broker saham, selanjutnya anda menyiapkan modal untuk di depositkan pada akun broker pada saat anda mendaftar untuk dijadikan sebagai modal transaksi, baik itu trading atau investasi. Apakah ada trading saham gratis? Sangat konyol sekali jika ada trading saham yang gratis dan tanpa modal. Kalaupun ada mungkin itu adalah trading saham demo hehe. Baiklah pada tahap ini anda perlu menyiapkan modal, modal minimal trading saham berbeda beda pada setiap broker atau sekuritas saham.

Setelah anda menyiapkan modal, anda perlu memanajemen modal tersebut, ini sering disebut manajemen modal / money management. Selengkapnya.. Membangun Money Management


Tahap 3 - Memulai Berbisnis Saham

Setelah anda mempersiapkan segala sesuatu yang terdapat di tahap-tahap diatas, dibawah ini adalah langkah selanjutnya yang harus disiapkan, tetapi sebelumnya Anda harus mempunyai tujuan terlebih dahulu, apa tujuan anda dalam berbisnis saham? Apakah untuk trading / jual beli saham? atau untuk investasi saham?

Dari perbedaan trading saham dan investasi saham tentunya Anda telah menentukan tujuan, dari tujuan tersebutlah Anda bisa memulai panduan dibawah ini. Silahkan pilih sesuai dengan tujuan Anda dalam bisnis saham.

1. Memulai Trading Saham

  • Trading di akun demo sambil belajar.
  • Lihat ulasan semua broker saham di Indonesia, dan pilih yang menurut Anda terbaik.
  • Belajar melakukan analisis teknikal harga saham.
  • Atur money management / manajemen modal trading saham
  • Atur risk management / manajemen risiko trading saham
  • Trading di akun real dan terapkan analisis teknikal yang jelas
Artikel terkait : Cara Analisis Teknikal Harga Saham untuk Pemula

2. Memulai Investasi Saham

  • Trading di akun demo sambil belajar.
  • Lihat ulasan semua broker saham di Indonesia, dan pilih yang menurut Anda terbaik.
  • Belajar melakukan analisis teknikal saham jangka panjang.
  • Memahami analisis fundamental saham.
  • Pahami sistem perusahaan dan kualitas perusahaan.
  • Pahami kinerja perusahaan dan program-program perusahaan.
  • Atur money management / manajemen modal trading saham
  • Atur risk management / manajemen risiko trading saham
  • Trading di akun real dan terapkan porfolio yang telah di atur.
Artikel terkait : Sumber Data Akurat untuk Analisis Fundamental Saham

Apapun pilihan anda, pastikan Anda tetap konsisten dalam berbisnis saham, dan pastikan Anda menguasai tentang money management, risk management, dan psikologi trading.

Tag : , , cara trading saham, memulai trading saham.

Untuk mendapat notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini :

Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Tuliskan komentar anda dibawah ini.

Terpopuler Hari Ini